Loro Jonggrang

Sudah menjadi suatu kebiasaan tersendiri di kantor gw, bilamana ada yang berhasil promosi/naik jabatan/dsb dsb, maka orang itu ‘biasanya’ mentraktir rekan-rekan kerjanya makan siang. Suatu kebiasaan yang bisa bikin kantong jebol sebenernya sih, tapi kan inti dari traktir-mentraktir ini adalah kebersamaan dan berbagi kebahagiaan, tul ga??? Hahahahahahaha….preeet!

Anyway, beberapa minggu lalu tim gw akan ditraktir makan siang oleh Mas JB di restoran Loro Jonggrang. Restoran bergaya Jawa ini berlokasi di jl.Teuku Cik DiTiro no.4, Menteng (setelah RS Bunda, Cikini). Dari luar, restorannya tampak gelap karena dihiasi pohon-pohon beringin yang umurnya ada kali ratusan tahun, kinda creepy actually… Tampak juga patung-patung Jawa turut menghiasi halaman parkir dan pintu masuknya. Suasana di dalam restorannya tampak cozy, romantis didukung dengan pencahayaannya yang temaram dan wangi aromaterapi yang menyerbak ke penjuru ruangan. Dindingnya didominasi dengan warna merah dan dihiasi dengan lukisan-lukisan jaman dulu.

Kami sempat kewalahan saat akan meng-order menu, semua terlihat menggiurkan, bahkan ada beberapa jenis masakan yang belum pernah gw denger sebelumnya. Fyi, Loro Jonggrang ini khusus menyajikan makanan authentic Indonesian cuisine, semi fine dining-lah. Untuk minumannya gw pesen yang gampang2 aja, es jeruk manis, sementara beberapa rekan ada yang pesen semacam es cincau dicampur dengan kelapa muda gitu.

beverages

Nah, untuk makanannya…eing ing eng…berikut adalah pesanan kami (7 org) :

  1. Nasi Putih
  2. Sego Ireng (atau nasi hitam, dimasak dengan kluwek)
  3. Cumi goreng tepung
  4. Sate Ayam
  5. Lodeh jantung pisang
  6. Bebek cabe hijau
  7. Gado-gado + tempe goreng
  8. Ikan asam manis
  9. Sambel mangga
  10. Sambel ikan asin
  11. Aneka kerupuk

some of what we've ordered

Wiiihhh….banyak banget ya kayaknya, but that’s what we ordered (*geleng-geleng kepala*). Ga perlu menunggu lama, orderan kita dateng semua secara bersamaan, this is what I love about this restaurant. Sempet nyicipin dikit2 sebelum nyendok lebih banyak dan … citarasa yang dihadirkan oleh masakan-masakan itu bener-bener sensasional . Yang paling berkesan buat gw itu sayur lodeh jantung pisangnya. Rasa kuah santannya begitu gurih dan memikat dipadu dengan kelembutan jantung pisangnya itu sendiri. Pas menempel di lidah langsung makkkk nyuuuusss…magnificio! Tentunya kenikmatan tidak berhenti sampai di situ….dua sambal yang kita order, sambal mangga dan ikan asin, juara banget! Perpaduan rasa asem-manis dari mangga muda dengan cabe rawitnya pas banget, mampu melipatgandakan hasrat makan hingga lagi, lagi, dan lagi. Sambel ikan asinnya juga ga kalah juaranya, rasa asin dari ikan asin jambalnya dipadukan dengan nasi putih pulen yang anget2, bener-bener bisa membuat kita lupa daratan, u la la la …. Gado-gado dan tempe gorengnya juga sangat njawani…apalagi sambil menggigit cabe rawit, makkk nyooosss, *speechless*.

cumi goreng tepung (kiri), bebek cabe hijau (kanan)

Walaupun ga dapat dipungkiri, makan disini pasti bakal merogoh kocek cukup dalam (asal ga jebol aja ye kantongnya, hehehe), tapi dapat dipastikan…gw akan datang ke sini lagi…highly recommended !!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s