Tisya’s Bday : Plan Ahead

Ga kerasa udah masuk bulan Ramadhan…dah mulai puasa lagi….met puasa ya bagi temen-temen yang menjalankan…semoga kita semua diberi kelancaran dalam menjalankan ibadah puasa tahun ini, amiiiiiiiinnnnnnnnnnnnnnnn.

Anyway, mengingat sekarang udah menginjak bulan Agustus, tibalah saatnya gw mulai blingsatan dan merencanakan segala macam rencana untuk ultah Tisya yang kedua. Otak gw tuh bagaikan muncul lampu-lampu ide, mau ini mau itu, mau begini mau begitu, hehehe. Ultahnya Tisya sebenernya masih 2,5 bulan lagi (jedennnkkkkkk…), but better late than regret, rite?. Kebetulan saat diskusi ama hubby, dia setuju kalau ultah Tisya yang kedua ini dirayain dengan pesta dan mengundang banyak teman. Waktu ultah pertama juga dirayain sih, tapi cuma keluarga dekat doang. So excited-lah gw begitu tau proposalnya disetujuin oleh si papap, hehehe….naluri EO gw tiba-tiba berkembang pesat, lagaknya EO terkenal macam Dyandra aja, hahaha. Untuk venue-nya…gw dan hubby setuju untuk tidak merayakannya di rumah karena kita ga mau di ribetkan dengan urusan membersihkan rumah dan tetek-bengeknya. Kebayang kan bakal porak-poranda seperti apa rumahnya kalo anak2 kecil pesta dan berlarian sana-sini (lebay ga sih ini?!). Fiiuuuhhh….membayangkannya aja ga tega, hahaha.

Misi kita ngerayain pesta ultah ini tentunya untuk membuat Tisya senang dan ngasih a sweet memorable 2nd birthday for her *owww..co cweeettt* ;p Dan pastinya, orang tuanya harus senang juga (karena biayanya ga bengkak)…plus tamu yang diundang juga harus senang juga yaaaa.

Yang harus dipersiapkan dalam merencanakan a kids birthday party adalah :

1. Tema Ulang Tahun

Kebanyakan pesta ultah anak pasti punya tema. Tentunya tema tersebut didasarkan dari favorit si anak. Biasanya yang menjadi tema itu tokoh/karakter kartun kesukaan si anak. Tapi bisa juga berdasarkan sesuatu yang menjadi favorit si anak, entah warna favorit, musik rock (kalo ga salah Nova Eliza ngerayain ultah anaknya yang pertama bertemakan Baby Rock Out Party), jenis binatang tertentu, dsb.

Kalau pengalaman Tisya tahun lalu, karena saat itu dia baru berumur satu tahun dan belom punya tokoh kartun favorit, gw ngeliat dari jenis boneka yang sering dia mainin/pegang/bahkan ga bisa dia lepas. Saat itu yang jadi boneka favorit dia adalah Eeyore dan Big Bird (yang gw aplikasikan ke hiasan kue ultahnya).

2. Alokasi Budget dan jumlah tamu

And now the hard part begins…..bikin guest list. Gw aga rempong bikin guest list ini (sampe sekarang belom kelar2, hahaha), berasa mau diundang semua. Kalau gw kaya, ga masalah yeee, se-RT juga gw undang, hahaha. Untuk penghitungan orangnya harus bener-bener teliti : jumlah adult, jumlah anak, kemungkinan bawa babysitter atau engga. Baru deh hitung harus sediakan berapa porsi untuk makanan tamu dan susternya. Nah kemudian, kita bikin target maksimal budget yang mau kita keluarkan untuk pesta ini. Hal ini berguna supaya budgetnya terkendali dan ga membengkak terlalu banyak. Jangan lupa siapkan budgetnya dengan cadangan sebesar 10-20% untuk mengantisipasi bengkaknya biaya.

3. Tempat acara dan makanan

Kalau kita udah tau budgetnya berapa, tentunya akan lebih mudah untuk menentukan alternatif lokasi pesta. Pilihan lokasi pesta pun bervariasi, mulai dari fast food restaurant, restoran ala carte/buffet, function room/ala gedung, hotel (ampunn dijeeey, belom mampu, hahaha). Tentunya masing2 punya kelebihan dan kekurangan sendiri. Nah berhubung ultahnya Tisya mau mengusung suatu tema tertentu, maka pilihan lokasi fast food is out of question. Karena bikin pesta di resto fast food ga bisa milih tema, ga boleh ada badut laen selain badut maskotnya si resto itu, plus ya junk food. Pengennya sih ngerayain di hotel, ruangannya luas bisa sewa macem2 mainan dan arcade games, namun apa dayaaaa……..hahahaha….* plaaak! stop dreaming*. Akhirnya pilihan rasional kita jatuh ke restoran ala carte/buffet….so far kita masih bergerilya mencari mana resto yang cocok, ada berbagai kandidat tapi belom nemu yang sreg. Oh ya, untuk pilihan makanan, kalo bisa disesuaikan yang friendly baik untuk anak-anak maupun dewasa. Hal ini berguna untuk menghindari kerempongan bikin 2 menu : adult and kids.

4. Birthday Cake

What kind of birthday party without a birthday cake? Normally, hiasan kuenya disesuaikan dengan tema ultahnya. Pastiin kuenya mau dihias dengan buttercream atau fondant. Kalau milih fondant, si topper2 figurine karakter itu bisa dibuat dari fondant, lucu…. Make sure, pesen kuenya dari bahan-bahan yang halal dan jangan terlalu manis, kasian ntar tamu anak-anaknya pada sugar craze ;p Yang bikin senang lagi, the bakulers alias bakul-bakul kue di Jakarta itu udah bertebaran dimana-mana. Tinggal rajin-rajin browsing di internet aja, bukain webpagenya satu-satu, cari reviewnya. Dijamin ga kalah dibandingin buatan toko kue pesohor sekalipun😉

Tahun lalu, kue ultah Tisya gw pesen dari www.aboutchocolate.wordpress.com, atas rekomendasi dari Justin yang udah pesen cupcakes dari mba Ratu ini sebelumnya. Penampakan kuenya Tisya tahun lalu bisa diliat di http://aboutchocolate.wordpress.com/2009/11/03/eeyore-and-bigbird-sesame-street-cake/ Lucu ya….pas mau makan berasa sayang. Untuk rasa kuenya, poooollll, enak…choco cake nya juara deh…. truly recommended. Nah kali ini, gw mau nyobain bakul kue baru … dan akhirnya pilihan jatuh ke http://kitchencraft-shop.blog.com/ Gw udah booking tanggal ama Mba Dewinya dan deal harga, tapi belom nentuin jenis cake nya…mau kontemplasi dulu, hohoho. Oh ya, fyi, kenapa booking tanggal jadi penting karena kalo ga cepet bisa pada fullybooked. Ya dapat dimaklumi mengingat mereka adalah usaha rumahan jadi ga mungkin terima bikin kue segambreng untuk satu hari.

5. Acara ulang tahun

Nah penentuan acara pun tergantung preferensi dan tentunya kocek masing-masing. Biasanya kan ada games2, cookies/cupcakes painting, tatoo/body painting, ada juga sewa mainan/rumah2an, trampolin, dsb. Ada juga pukul pinata…pinata itu terbuat dari karton besar yang dibentuk tokoh karakter favorit trus diisi permen2 kecil, coklat, dsb. Si pinata ini akan dipukul oleh yang ulang tahun sampai pecah, trus teman-teman lainnya akan berebutan isi pinata tsb. Pasti heboh banget dah ngebayanginnya….hahaha.

6.Waktu pesta

Nah ini nih hal yang cukup kritikal saat bikin pesta untuk anak-anak, terutama penentuan jamnya. Kalau masalah hari, masih bisa diundur hingga weekend daripada tamunya pada ga dateng karena kejebak macet. Penentuan jamnya harus diperhitungkan sehingga jangan sampe ngebuat acara di jam-jam kritisnya anak-anak bobo siang. Ntar bisa-bisa pada molor semua pas acara games, yaaaaa ga seru deh…😦

7. Goodie Bags dan hadiah games

Goodie bags is a must in kids birthday party. Isinya bisa macem-macem dari buku, kotak pensil, botol minum, tempat makan, tas, mainan kecil2, ataupun pernak-pernik yang disesuaikan dengan tema ultah. Berhubung belinya banyak, biar dapet murah, kudu hunting ke pasar grosiran. Yang paling terkenal tentunya di Pasar Asemka dan Mangga Dua. Saran gw, kalau mau ke Asemka mending pagi2 ya kalau ga mau pingsan kepanasan, hihihi. Mereka pun biasanya juga terima langsung ngebungkusin dan pasang pita. Ga pake ribet, so simple… Selain itu biasanya disisipkan beberapa permen, coklat, dan minuman kotak kecil. Trend terbaru juga menggunakan cupcakes atau cookies sebagai pelengkap goodie bags. Tahun lalu, selain goodies bag, gw juga bikinin cupcakes untuk pelengkap goodie bags. Hadiah untuk games sih sebaiknya beli sekalian aja di pasar grosiran, biar ga capek mikir lagi.

8. Bentuk undangan

Undangan bisa bikin sendiri, bisa juga cetak ke percetakan (beuuh, heboh amat, ngalah2in kondangan kawinan ;p). Saran gw, mendingan berdayakan suami, gunakan software yang tepat, crop foto sana-sini, karang kalimat2 bagus, kasih background sesuai tema ultah, trus dicetak deh. Bisa cetak di kertas foto ataupun kertas berwarna. Ngirit deh, apalagi kalo ngeprint kertas berwarnanya di kantor, hahahahaha, uppsss…. ga boleh lho menggunakan sarana kantor untuk kepentingan pribadi *kecuali kepepet* ;p Saat ngebagiin undangan yang tepat itu mestinya minimal 10 hari sebelum acara.

9. Baju ulang tahun

Kayaknya sih sepele tapi sebenernya susah-susah gampang  nih untuk urusan yang satu ini. Kadang yang dijual di toko ga sesuai selera sehingga pilihannya harus jahit sendiri ke penjahit. Kalau memang begini kasusnya, usahakan jait bajunya sebulan sebelum acara dengan kasih spare lingkar dada/pinggang 0,5 cm kanan-kiri.

10. Foto2 dan Video

Keperluan wajib nih!!!! Jika budgetnya ada, bisalah sewa fotografer untuk mendokumentasikan momen tak tergantikan ini. Tapi kalau budget pas-pas-an, mending berdayakan semua sanak saudara yang ada, hahaha. Tunjuk satu kerabat untuk jadi fotografer dan satu kerabat untuk yang megang handycam.

Last but not least….jangan lupa berdoa ! Plus, yang terpenting jaga kesehatan si anak…what kind of birthday party without the birthday boy/girl🙂

2 thoughts on “Tisya’s Bday : Plan Ahead

  1. Mom posting ini bagus loh.. kenapa ga dikirim ke MommiesDaily.com? Kmrn aku sempet ngirim nih kaya gini, tapi waktu di submit katanya mereka ga keterima. Mau kirim lagi file nya udah ilang.. mau nulis lagi belum ada mood, Haha.. anyway.. nice to know u.. Have a wonderful bday party ya dear Tisya, ditunggu posting ultahnya🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s