My wishlist before Tisya turns 2

Ga kerasa bentar lagi Pimbul dah mau 2 taon, wiihhh berasa cepet banget ya. Si pimbul kibal kibul itu udah mau ulang tahun lagi aja….. *terharu*. Anyway, mendekati usianya yang dah mau 2 tahun ini, diam-diam gw membuat semacam wishlist atau target untuk Tisya. Cukup 2 hal ini aja sih yaitu :

1. Toilet training

2. Makan makanan seperti orang dewasa (so far masih nasi tim nih)

Tapi target ini bukan target yang gimana-gimana banget sih, ya at least minimal udah diperkenalkan atau dimulai sejak sekarang. Untuk toilet training, memang dulu rencana gw baru mau ngajarin Tisya pas 1,5 tahun. Nah pas si Justin kemaren sibuk memburu training pants buat Nicho, teringatlah gw akan hal toiltrain ini, jadinya gw ikut2an memburu training pants juga buat Tisya ;p So far, gw beli 2 merek, Nissen (4pcs) dan Disney (3pcs). Dua-duanya gw beli di lapak multiply. Harganya kagak murah yeee….hrr hrrr….demi demi….. Cara kerja training pants (TP) ini adalah TP akan menampung pipis si anak sehingga ga akan bocor, namun TP ga akan menyerap layaknya popok atau clodi, jadi akan tetep basah. Hal ini berguna agar si anak merasa risih dan ga nyaman sehingga pada akhirnya akan timbul kesadaran si anak untuk memberi tahu jika ingin pipis/uu’.

Wiken kemaren saat perdana gw memulai toiltrain itu. Cara yang gw terapkan untuk toiltrain Tisya (selain pakein training pants tentunya), yaitu tiap sejam-dua jam rajin nanyain ke Tisya kalau dia mau pipis atau uu’ (pup). Mudah-mudahan dengan begini Tisya akan tumbuh awareness-nya. Untungnya sejak 14 bulan Tisya udah bisa ngasih tau kalau dia mau puppy, walopun belum didudukin di toiletnya sih kalau mau pup. Nah sekarang tinggal dilancarkan aja plus diajarin duduk di toilet. Si Tisya mah doyan didudukin di toilet (malah kadang ga mau turun, *duh cape deh*), apalagi di dinding samping toiletnya sekarang gw tempel gambar2 supaya Tisya ‘betah’ saat pipis atau uu’. Oh ya, gw beli toilet bowl yang kecil khusus untuk anak2 itu loh … murse aja, under 50rb, yang penting empuk dan nyaman.

Nah…so far hasilnya….hari perdana, Sabtu 14 Agt, gagal total semua. Tisya selalu berhasil nge-duluin gw, jadi saat gw tanya “Tisya mau pipis?”, dia pun menjawab “udah Maaaa…”. Heh??!! Ternyata TPnya dah basah, hahahaha,*tepok jidat*. Ga papa, sabar sabar, practice makes perfect. Hari kedua, Minggu 15 Agt, ada kemajuan…..pimbul berhasil menaklukkan toilet untuk pertama kalinya. Tisya berhasil uu’ di toilet … yippie …. *mamanya, papanya, plus ARTnya joget2 kegirangan..tanda kemenangan, hahahahahahaha*. Senangnyaaa….walopun untuk masalah pipisnya masih nol besar alias masih kebobolan di celana terus.  But enihu, kemajuan ini bikin gw makin bersemangat untuk nge-train Tisya,  mudah2an sebelum 2 tahun dia udah lulus toiltrain-nya, amiiiiinnn. Hari ketiga, Senin 16 Agt, lagi-lagi ada kemajuan….Tisya berhasil ngasih tau gw kalo dia mau pipis (walopun baru 1x), so gw tuntunlah dia ke toilet and….touchdown, yeeaaayyyyy !!! *terharu bangga*. Duh seneng bangeeettt ….. mudah2an makin lama makin lancar ya nak, I’ll always be here to help you ….

Naaahhhh…..wishlist gw yang kedua ini menurut gw merupakan tantangan yang terberat. Soalnya Tisya termasuk yang rada lambat perkembangannya dalam hal mengunyah, di saat anak-anak lain seumurannya udah bisa makan nasi, dia masih nasi tim … itu juga kadang mau kadang engga. Ini semua karena dia terlalu dimanjain ama eyangnya selama di rumah kalo pas gw kerja. Jadi seharusnya dia udah mulai makan bubur kasar, Tisya masih dikasih puree … karena Tisyanya nolak2 terus plus GTM. Begitu juga saat sudah saatnya makan nasi tim, Tisya baru dikasih bubur kasar, hmmmppphhhh ….. Jadinya ya gitu deh, Tisya nya jadi kebiasaan…dikasih makanan kasar atau padat dikit langsung ngamuk. Satu-satunya yang dia mau kunyah dan gigit cuma kerupuk. Tapi ya mau gimana lagi…let by gone be by gone…sekarang gw fokus ke depan aja, gimana caranya ngelatih Tisya biar bisa mulai makan nasi. Any suggestion ???

Leave a Reply

