1 Nov 2008

Kala itu tepat 41 minggu usia kelahiran gw, sudah lewat seminggu dari due date yang dimaksud namun masih tetap belum ada tanda-tanda kelahiran juga. Pasti ni bayi betah banget kemulan di dalam perut gw Saat kontrol ke dokter hari Sabtu minggu lalu, sang dokter sempat berpesan, “kita tunggu seminggu lagi ya Bu, kalo belum ada tanda2 juga, nanti baru dicoba diinduksi”. Mungkin mendengar mau diinduksi (alias merasa dipaksa lahir), si bayi mungkin berpikir “ah mendingan gw lahir aja deh daripada dipaksa lahir”, hihihihi….

Tepat seminggu setelah kontrol terakhir (yaitu hari ini, 1 Nov 2008), kira-kira jam 5.30 pagi perut gw mulai berasa mules-mules. Gw berasa tetap tenang dan menghitung jeda kontraksinya…tiap 5-7 menit kontraksinya teratur, berarti bukan Braxton-Hicks. Masih belum merasa yakin juga dan berhubung air ketuban juga belum pecah, gw melenggang dengan tenang mandi pagi…eh taunya mulai keluar ada slem/titik2 darah gitu…..wah beneran nih mau lahiran…..Langsung deh mandi cepet2 sambil bentar2 meringis nahan sakit dari kontraksi Selesai mandi, bangunin suami dari bobo trus siap-siap baju dan tas untuk di rumah sakit…jam 8.30 pagi baru berangkat ke RS Puri Cinere. Berhubung jarak dari rumah ke rumah sakit deket banget (cuma 8 menit) jadinya ga terlalu was-was . Sampe di RS, langsung ditangani suster dan dimasukkin ke ruang sementara (sebelum masuk ke ruang bersalin). Pemeriksaan pertama…ternyata udah bukaan 4, yeeeeyyyyyy…. berarti cepet juga pembukaannya, mudah2an lancaarr, amiinn . Btw, gw baru tau kalo mau periksa bukaan itu kudu di-‘periksa dalam’…duuuuuhhhhhh, traumaaaaaaa…….ga nyaman…diobok2 begitu ….ga tau deh, apa cuma gw yaahh??!! Yang pasti gw tegang bgt tiap mau diperiksa dalam ama susternya, hiksss…..Anyhow….papap mulai nelponin keluarga satu-satu, ngabarin kalo udah mau lahiran sebentar lagi….Makin lama ni kontraksi makin kenceng dan makin deket jedanya…duuuhhhh, ga bisa digambarkan deh rasanya, nano-nano, hahahahahahahaha…..untung papap selalu setia menemani  (love u always dear ) Menginjak jam 1 siang, diperiksa dalam lagi sama si suster….”udah bukaan 7 nih bu, bagus..bagus…siap2 lahiran ya. Kita masuk ke ruang persalinan ya bu, mudah2an dalam 1-2 jam udah bisa lahiran”. Horee….senengnya denger hal itu…..rasa sakit melilit, mules, de el el itu kayak langsung sirna (ce ileee) Yang lucunya gw kebelet pipis, disuruh pipis di pispot gw ga bisa, ga mau keluar, faktor sugesti kali yeeeee…..hahahaha . Akhirnya gw melipir ke toilet dulu, wekwekwek. Baru deh diboyong masuk ke ruang persalinan….waduh maakkk……persis kayak yang gw bayangin di pelem2, ngangkang bo’ (uppss….vulgar akh ). Udah jam 2 siang, pas diperiksa dalam lagi, kok baru naik satu bukaannya jadi bukaan 8. Dokter udah mulai resah, dicek lagi kontraksinya pake alat lah kok malah makin pelan kontraksinya….gggrrrhhhh….ada apa nih????!!!!! Aku mau tetep lahiran normaaaaalll…..tunggu sebentar lagi dong Dok. Apalagi bagian bawah perut gw berasa sakit banget, karena si bayi udah dorong2 keluar tapi jalan lahirnya belum kebuka lebar. Honestly, gw bener2 ngeliat ada jendolan bentuk kepala di bagian bawah perut gw…. lucu…tapi sakit😦

Jam 3 siang….”Kita pecahin air ketubannya dulu ya Bu”. Tuuuusss….. “Bu, air ketubannya warnanya udah hijau. Wah gimana nih? Coba mengedan Bu, kali aja bisa”. Dengan susah payah dan sekuat tenaga, ternyata belom bisa keluar. “Bu, jalan lahirnya belum cukup lebar. Akan berbahaya kalau menunggu terlalu lama sampai bukaannya sempurna sedangkan kontraksinya sudah semakin pelan.Di c-sectio aja ya Bu”. Merasa tidak berdaya dengan vonis dokter seperti itu, gw hanya bisa ngeliat suami gw dengan air mata menetes sambil mengangguk pelan (ciiiyeeehhh kayak pelem drama ga seehh). Suami pun akhirnya men-ttd surat persetujuan operasi, dan masuklah gw ke ruang operasi kira2 sekitar jam 3.30an…dan bener aja loh…pas dalam perjalanan ke ruang operasi, kontraksi gw bener-bener udah ilang, huhuhuhu….

Setelah melalui hari yang sangat melelahkan, sekitar jam 5 sore, lahirlah putri pertamaku, Latisya Zahra Hasibuan dengan berat 2,65kg dan panjang 49cm. Alhamdulillah…semoga kelak anakku tumbuh jadi anak yang sholeha….amiiinnn….

Tisya Newborn

Leave a Reply

