Kursus NCC – Crazy Cupcake 31 Oktober 2010

Hari Minggu lalu aku iseng-iseng ikutan kursus sehari tentang cupcake. Kursus yang diprakarsai oleh NCC (Natural Cooking Club) bertajuk Crazy Cupcake. Kursusnya diadain di TBK Loyang, Jl. Wolter Monginsidi no.38 A-B, Jaksel. Sebenernya NCC ngadain kursus di berbagai tempat, tapi aku sengaja pilih yang daerah sekitaran Jaksel aja. Dalam kursus sehari itu kita diperkenalkan dengan 2 macam cupcake yaitu Vanila Cupcake dan Chocolate Cupcake, baik itu cara membuatnya maupun cara menghiasnya. Seneng banget nih…secara gw selalu gagal kalo bikin kue coklat, bawaannya bantet melulu. Pengajarnya itu salah satu pengurus NCC juga yaitu Mba Eka Arei, ga usah ditanya deh klo soal kemahirannya, gape banget dah pokoknya.

Sesi pertama kita diajarin tentang cara membuat cupcake-nya dan tentunya berbagi tips en trik. Kita juga diperkenalkan dengan istilah ‘kocok sampai kaku dan berjejak’ maupun ‘kocok sampai kaku dan membentuk jambul petruk”. Ngeliat betapa mudahnya ngocok adonan pake standing mixer, jadi ngiler pengen punya juga. Selama ini gw cuma bergantung dengan hand mixer Black&Decker tersayangku itu, ya pegel juga sih lama2 kalo lagi ngocok adonan…tapi apa daya belom mampu standing mixer nya Kitchen Aid ataupun Kenwood, huaaaaa …Ada yang mau beliin???? *toel toel si papap*. Enihu, kita juga diajarin cara mengaduk adonan dengan teknik ‘melipat adonan’. Teknik ini berguna untuk mencegah terlalu banyak udara yang masuk saat mengaduk adonan. Klo adonan terlalu banyak kemasukan udara, pasti saat dipanggang cepet mengembang tapi begitu dikeluarin dari oven langsung kempes lagi. Sering nih kejadian ma aku dulu pas buat kue, ternyata ini rahasianya yaa….

Resep Vanilla Cupcake yang diperkenalkan di kursus ini adalah resep butter cake, sedangkan resep choco cupcake adalah resep sponge cake. Sifat butter cake cenderung lebih ‘tahan banting’ sehingga bisa ngantri saat proses pemanggangan. Setelah adonan selesai, mulai deh kita masukkin tuh adonan ke loyang cupcake nya. Loyang cupcake itu sendiri ada 2 macem… ada yang udah dalam bentuk tray, ada juga yang satuan. Klo yang satuan enaknya itu sekali masuk oven bisa sekaligus banyak, ga terkendala dalam jumlah pcs di tray-nya. Plus klo loyang satuan bisa lebih fleksibel klo mau dikukus (bisa pake kukusan apa aja), klo pake loyang tray kudu pake kukusan kotak.

Sembari menunggu cupcakenya mateng, mulai deh kita diajarin cara menghias. Hiasan yang digunakan itu buttercream dan fondant. Sayang hiasan dengan ganache ga diajarin, padahal aku belom terlalu bisa bikin ganache walaupun kata orang2 sih gampang bikinnya. Resep buttercream pun ada 2 jenis yang diajarin, buttercream biasa atau buttercream istimewa. Bedanya, klo yang biasa cuma campuran mentega putih dan simple syrup sedangkan klo yang buttercream istimewa itu ditambahin soft cream juga…jadi dijamin emang lebih enak rasanya.

Karena merasa sedikit banyak aku udah bisa menghias dengan buttercream (hahaha, somse ceritanya), jadi aku lebih konsen merhatiin cara bikin figurine pake fondant. Ternyata susah2 gampang yaa, mana gw ga punya imajinasi gini. Yang ada fondant gw malah meleyot-leyot ga jelas L Akhirnya aku bikin hiasan dari fondant-nya 2D aja deh, jadi ngandelin cetakan dan plunger. Lebih cepat dan dijamin ga bakal gagal, hahahahahahaha *gini nih klo ga berbakat*.

Dan inilah hasil karyaku saat kursus ….. eng ing eng …..

About these ads

8 thoughts on “Kursus NCC – Crazy Cupcake 31 Oktober 2010

    • halo Rita, salam kenal. Iya mba bener banget, klo kursus di NCC bahan2nya sudah disediakan semua oleh mereka, kita tinggal datang dan duduk manis deh. Kecuali utk kelas cake decorating, klo ga salah kita disuruh bawa meja putar sendiri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s