Me & Tisya’s ASI Story (Part 3)

Lanjut lagi nih ceritanya….(baca part 1 dan part 2-nya)

Tepat 1 Mei 2009 genap 6 bulan umur Tisya….dan selesai sudah perjalanan awal-ku dalam memberikan Tisya ASI ekslusif. Meski dalam perjalanan ASI eksklusif selama 6 bulan ini sempat ga mulus karena aku jatuh sakit, namun selebihnya alhamdulillah lancar-lancar saja tanpa menemukan kendala yang berarti.  Maka dengan bangga aku nyatakan kalau Tisya berhasil lulus S1 ASIX, yeay, *jogetjoget-gulingguling*. Selanjutnya, aku berencana untuk tetap memberikan Tisya ASI meski dia sudah mulai diperkenalkan dengan makanan pendamping (MPASI). Di dalam dunia per-ASI-an, lanjutan S1 ASIX ini dikenal dengan program S2 ASIX (6-12 bulan) dan S3 ASIX (12-24 bulan).

Perjalanan S2 ASIX berlalu tanpa ada kendala, aku masih rajin pompa ASI untuk stok ASIP dan Tisya pun masih menyusui setelah aku pulang kantor dan weekend. Namun masalah mulai datang saat aku kembali dinyatakan ‘eligible’ untuk melakukan dinas keluar kota ataupun keluar negeri oleh rekan satu tim di kantor.  Selama aku hamil dan pasca melahirkan ini, atasan2 dan kolega satu tim ku berbaik hati untuk tidak memberikanku tugas dinas keluar Jakarta (kalo ga urgent banget ya ga akan disuruh pergi). Ya semacam nice gestures aja dari mereka. Hal yang sama juga dilakukan kepada anggota tim lain jika lagi hamil. Kalau dinasnya cuma 2-3 hari sih masih bisa diatasinlah….so pasti ASInya dipompa aja, trus bawa chiller yang banyak biar tahan selama perjalanan pulang dari dinas. Nah masalahnya pas Tisya umur 13 bulan, aku dapet kesempatan untuk kursus 2 minggu di Singapura. Wah ketar-ketir juga nih …. bingung gimana persiapan untuk ASIPnya. Memang sih suplai ASI dari gentong udah ga sederas dulu,tapi tetap ada dan mengalir. Akhirnya aku cuma persiapan menyetok ASIP sebanyak-banyaknya aja sebelum tanggal keberangkatanku. Selama di Singapura, aku akan tetep mompa ASI dengan harapan akan langsung kukasih ke Tisya pas dia dan Papap nyusul di ujung minggu kedua.

Walaupun kangen banget ama si Pimbul, kursus minggu pertama tetap berjalan dengan lancar. Aku mompa 1-2x sehari, lumayan sekali mompa masih dapet 50-60ml. Pas tiba hari Jumat terakhir di minggu kedua, aku udah ga sabar mau ketemu Tisya. Jadwal di hari terakhir kursus itu cuma setengah hari dan ditutup dengan makan siang bersama. Papap dan Tisya nyampe di Singapura sekitar jam 4an sore, senangnya….kangen kangen kangen ama si Pimbullll. Namun, masalah dimulai saat malam menjelang mau tidur. Biasanya Tisya sebelum bobo pasti nenen dulu, tapi saat itu keanehan terjadi. Tisya menolak nenen !!!!!! Huhuhuhuhu……aku kaget banget. Kenapa niy? Aku pikir dia marah karena kelamaan kutinggal pergi, aku coba bujuk2 lagi tapi bener-bener ditolak ama Tisya. Bahkan dia sampe meronta-ronta nolaknya….huhuhuhuhu…sedih banget rasanya ngeliat Tisya nolak nenen sampe segitunya. Akhirnya aku kasih dia ASIP hasil pompaan ku selama disini aja. Aku pun bingung kenapa Tisya jadi begini ya…..aku coba browsing di internet, tanya mamaku yang di Jakarta kenapa kira-kira jadi penyebabnya aja. Ada yang bilang … memang ada anak yang jadi nolak nenen karena kelamaan ditinggal oleh ibunya tapi kasusnya kayak gini sih termasuk langka. Huhuhuhuhu…dan kebetulan i’m one of the odds. Duh … sedih sesedihnya, biasanya mana ada anak yang nolak nenen dari gentongnya langsung, bahkan ada ibu yang sampe kesusahan menyapih anaknya. Memang sisi positifnya aku jadi ga usah bersusah-payah menyapih Tisya, tapi sisi negatifnya juga banyak. Karena Tisya ga nenen langsung dari gentongnya, entah kenapa lama-lama suplai ASInya juga jadi menyurut, seret ret ret ret sampe akhirnya keluarnya cuma setetes tes tes klo lagi dipompa :( Dengan kondisi begitu, dengan berat hati akhirnya saat umur Tisya 16-17 bulan dia udah ga minum ASI lagi dari aku, baik ASI nenen dari gentong maupun ASIP. Kebutuhan susunya pun kugantikan dengan susu UHT dari Ultra. Untungnya umur Tisya sudah diatas 1 tahun jadi sudah layak untuk mengkonsumsi susu UHT, tanpa perlu kuberikan sufor meski sementara.

Begitulah akhir cerita dari perjalanan ASInya Tisya…….

Leave a Reply

