Pempek ala Fenty

Minggu lalu gw ngidam banget pengen bikin pempek….pengen bikin loh bukan pengen makan😀 Ada-ada aja yaa…hahahahaha. Ya udah deh, pas wiken kemaren gw langsung eksekusi aja. Gw telp nyokap gw yang wong palembang asli untuk tanya-tanya cara bikin dan resepnya. Selepas itu langsung deh ngacir ke Carrefour buat beli bahan2nya.

ini resepnya ya …

BAHAN PEMPEK:
500 gram daging ikan tenggiri (pake ikan belida atau ikan gabus juga bisa)
1 gelas belimbing / 10 sdm air es
Tepung sagu tani (tepung kanji) secukupnya
Garam
Penyedap (bila perlu)

CARA MEMBUAT PEMPEK:

1. Pisahkan daging ikan dari kulit dan durinya, kemudian haluskan dengan saringan atau food processor sampai lembut.

2. Campurkan ikan giling dengan air es dengan perbandingan 1:1 atau 1:3/4 biar lebih terasa ikannya. Tambahkan garam dan penyedap lalu aduk sampai tercampur rata.

3. Masukkan tepung sagu perlahan-lahan sambil terus diaduk dan diuleni sampai adonan kalis dan tidak terlalu lengket di tangan.

4. Bila takaran sesuai, seharusnya tepung sagu yang terpakai sebanyak kurang lebih 400-500gr. Perbandingannya dengan banyaknya ikan 1:1 atau 1:3/4. Bila tepung sagu yang dibutuhkan terlalu banyak, maka rasa ikan akan jadi kurang terasa dan malah berubah wujud jadi cireng😀

5. Bila adonan sudah kalis, mulailah dibentuk bulat, lonjong (lenjer), atau bentuk sesuka hati lah (bukan buat jualan ini ;p). Sebaiknya tangan kita dilumuri dulu dengan tepung sagu sebelum mulai membentuk adonan supaya tangan ga lengket.

6. Jika ingin membuat pempek kapal selam, maka kocok 1 butir telur ayam. Kemudian bentuk adonan menjadi bulat, pipihkan, lipat jadi 2 seperti membuat pastel…kunci/cubit bagian pinggirnya lalu sisakan sedikit lubang di atas untuk memasukkan telur ayamnya itu. Lalu kunci/cubit lagi sisa pinggirnya. Mudah2an kebayang ya, hehehehe.

7. Setelah seluruh adonan dibentuk, rebus pempek dalam air mendidih yang sudah diberi 1 sdm minyak supaya pempek ga saling lengket. Tunggu sampai pempek mengapung, angkat dan tiriskan.

8. Pempek pun siap digoreng dan disajikan. Nyaaaaaaammmmm….

BAHAN CUKO:
250 gram gula aren
50 gram asam jawa (jangan pake cuka dapur ya, baunya terlalu menyengat)
750 ml air
5 siung pawang putih, cincang halus
2 sdm ebi, dihaluskan
1 sdt garam
10 s/d 20 buah cabai rawit, dihaluskan (tergantung selera pedas)

CARA MEMBUAT CUKO:

1. Didihkan gula aren (merah), asam jawa, air lalu saring.
2. Masukkan bawang putih, ebi, cabe rawit dan garam, didihkan kembali lalu angkat.
3. Cuko sudah siap dihidangkan bersama pempek.

ps: gw ga berhasil bikin pempek telor dengan bentuk pastel, belom gape. Tenyata teori tak seindah kenyataan, hahaha. Jadinya pempek telor buatan gw lebih mirip dimsum/siomay😀

4 thoughts on “Pempek ala Fenty

  1. fentyyy.. saya mauuuu.. mau ikut2an buat pempekkkkk :O :O :O obsesi yang telah berapa kali dilakukan tapi belum mantap juga hasilnya wekekek.. coba pake resep dari mamanya fenty ah.. xixixixi..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s