Pre-School Hunting

Sudah sekitar 2-3 bulan lalu, gw sibuk hunting sana-sini nyari pre-school yang sesuai untuk Tisya. Dengan semakin menjamurnya sekolah di Jakarta, harusnya proses hunting jadi lebih mudah kan ya?? Errrrr…..not!!! Pilihan memang banyak tapi yang sesuai dengan kriteria/preferensi kita dan tentunya yang sesuai dengan kantong kita kan ga semuanyaaaa …..  Selain itu, karena ini  pre-school hunting, kenyamanan si anak juga merupakan faktor penting. Kriteria udah sesuai, school fee masuk budget, eh taunya anaknya jejeritan mulu tiap dateng ke sekolahnya, yaaaaaa jadi mikir2 lagi dong pastinya.

Pemilihan pre-school untuk anak kita (atau anak-anak nantinya :D), gw dan hubby punya kriteria dan preferensi tersendiri  … yaitu :

1.       Preferably bahasa pengantarnya adalah bahasa Indonesia, atau at least bilingual. Bukannya kita anti bahasa Inggris, ini cuma karena bahasa yang dikenal dan diajarkan ke Tisya pertama kali adalah bahasa Indonesia alias bahasa ibu. So untuk pre-school, kita lebih prefer dia disekolahkan di sekolah yang bahasanya sama dengan bahasa yang dikenalkan di rumah. Meskipun pengajaran bahasa Inggris tetap dilakukan di rumah sedikit2….Tisya udah bisa nyanyi lagunya Barney ‘I love U’ lohhh….walopun kata-kata yang dilafalnya cemong2, hahahaha.

2.       Waktu sekolahnya 2 atau 3 kali seminggu, berhubung ini baru pre-school jadi ga pengen setiap hari.

3.       Materi yang diajarkan harus jelas, mencakup pengajaran untuk rangsangan motorik baik halus maupun kasar, latihan sosialisasi, pengenalan alam (flora dan fauna), bermain dan menyanyi tentunya, kegiatan kreativitas, olahraga, etika dasar seperti sopan santun (salam tangan, say thank you, dll), dan tentunya mulai diajarkan mandiri. Ya kurang lebih itu sih…ya syukur2 kalo ada lagi, sepanjang materi tambahan itu kita rasa perlu.

4.       Biaya sekolah harus masuk akal dan terjangkau.  Masuk akal disini ya kita coba sesuaikan antara fasilitas yang ditawarkan dengan biaya yang disodorkan, apakah masuk dalam batas kewajaran atau tidak.

Nah berhubung kemarin2, gw dan hubby udah hunting informasi cukup banyak, sekalian aja ya gw share disini infonya …

a. Tutor Time (full English)

Jl. Sultan Iskandar Muda (Arteri Pondok Indah) no.1
Pondok Indah, Jakarta Selatan 12310

Terdiri dari macam-macam program/jenjang dimulai dari Prepper, Twaddler, etc.

Biaya untuk Prepper (2-3thn) –>               Waktu sekolah 3x seminggu

Registration fee (annual) USD 275

1 Term (10 minggu) USD 1010, dimana 1 thn terdiri dari 4 term

b. Cabe Rawit International Pre School (full English)

Jl. Kemang I no.5, Jakarta 12730.

Program yang ditawarkan :

–          Toddler (1,5thn – 2,5thn)

–          Nursery (2,5thn – 4thn)

Biaya –>       Registration fee 200rb

Enrollment fee Rp 6.000.000,- (dibayarkan sekali saat masuk)

Seragam sekolah 475rb

1 Term (3 bulan) Rp 5.500.000,-, dimana 1 tahun terdiri dari 4 term

–          Kindergarten 1 (4thn – 5thn)

c. Kinderland Preschool (full English)

Jl. Bona Vista Raya, Komplek Bona Indah, Lebak Bulus, Jakarta Selatan

Program Pre-Nursery 1 (2-3thn) :

–          Waktu sekolah 2x atau 3x seminggu (2 jam perhari), jam 08.30 – 10.30

–          Biaya –>       Registration fee USD 550

1 Term (2,5 bulan) USD 280, dimana 1 tahun terdiri dari 4 term

Uang seragam + transportasi 200rb

d. Taman Kreativitas Anak Indonesia / TK-AI (Bahasa Indonesia)

Jl.Arco Raya no.24, Cipete, Jakarta Selatan

Program yang ditawarkan :

–          Taman Bermain Kecil (2-3thn)

–          Taman Bermain Besar (3-4thn)

–          Taman Kanak-Kanak (4-6thn)

Biaya Pendaftaran :

–          Biaya formulir 50rb

–          Uang Pangkal Rp 3.000.000,-

–          Uang kaos (2 buah) 80rb

–          Uang Kegiatan Tahunan Anak 900rb (berlaku untuk 1 tahun ajaran, terdiri dari 3 kegiatan outdoor)

–          Iuran bulanan –>      Taman Bermain Kecil (TB-K) 325rb

Taman Bermain Besar (TB-B) 350rb

–          Daftar Ulang 400rb –> dibayarkan oleh siswa TB-K yang melanjutkan ke TB-B

e. Nizamia Andalusia, Islamic School (bilingual)

Jl.Kalibata Utara II no.25-27, Duren Tiga, Pancoran. Jakarta Selatan 12740

Waktu sekolah 2x seminggu, jam 08.30 – 11.00.

Biaya uang pangkal Rp 7.500.000,- per tahun

f. Cherry Preschool (bilingual)

Jl. H. Batong Raya No. 6, Cilandak, Jakarta Selatan

Waktu sekolah 3x seminggu (2 jam perhari), jam 09.00 – 11.00

Biaya –>               Uang Pangkal Rp 4.000.000,-

Uang Kegiatan Rp 1.000.000/tahun

SPP 425rb/bulan

g. TK Kartini

Jl. Raya Cilandak KKO No, 22-C, Jakarta Selatan 12560

Waktu sekolah 2x seminggu (2 jam perhari), jam 09.00 – 11.00

Biaya –>               Registration fee Rp 100.000,-

Enrollment fee Rp 3.000.000/tahun

SPP 500rb/bulan

h. Gita Islamic Montessori (bilingual)

Jl.Kemang dalam VI

Biaya à               Uang pendaftaran Rp 1.250.000,-

Up to 2,5yrs…SPPnya 400rb/bulan

More than 2,5yrs…SPPnya 550rb/bulan, dan ada biaya akademik Rp 2.700.000/thn

i. Cikal (full English, bersertifikat IB)

Jl. TB.Simatupang Kav.18, Jakarta Selatan 14230

Program yang ditawarkan plus biayanya :

–          Bayi-bayi:    Rp 1.350.000,-/1 package

Rp 5.000.000,-/4 package

–          Baby & Toddler Aquarobic: Rp 1.000.000,- per package

–          Kakak-Kakak (2-3 yrs old):
Admission fee Rp 4.500.000,-
Tuition fee Rp 1.075.000,- per month

–          Kakak Kakak Pre Kindergarten (2-4 yrs old):
Admission fee Rp 10.400.000,-

–          PreKindergarten (3-4 yrs old):
Adm fee Rp 7.000.000,-
Tuition fee Rp 1.200.000,- per month

–          Pre-Kindergarten – Reception Senior (3-6 yrs old):
Adm fee Rp 27.150.000,-
Tuition fee Rp 1.200.000,- per month

–          Reception Junior – Senior (4-6 yrs old):
Adm fee Rp 22.250.000,-
Tuition Fee Rp 5.250.000,- per term (3 months)
Rp 19.250.000,- per year

–          Year 1 – Year 6 (6-12 yrs old):
Adm fee Rp 58.000.000,-
Tuition fee Rp 2,750.000,- per month
Rp 7.850.000,- per term (3 months)
Rp 27.500.000,- per year

j. Highscope Cilandak (full English)

Jl.TB Simatupang no 8, Cilandak Barat, Jakarta 12430

Waktu sekolah pre-school : 5x seminggu

 

Happy hunting …. Cheers🙂

3 thoughts on “Pre-School Hunting

  1. Mbak,
    boleh tahu data biaya sekolah yg diposting di atas, apakah update 2011?
    koks ada beberapa yg beda dengan data saya yaa..
    soalnya gi sibuk hunting sekolah juga buat jagoan aku niy..
    boleh sharing ya, makasih..
    Marky

    • so far sih…data itu ada yang kucari tau sendiri (bertanya lsg ke sekolahnya), ada juga yang berdasarkan info dari teman. Klo mau tanya2 lagi, bisa langsung japri ke aku aja🙂

  2. Aduh makasihh bgt utk sharingnya….kebetulan sekolah2 yg mau kutuju utk anakku ada disitu semua…dan lengkap include dgn biayanya…thx lots

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s