Bikin Paspor Mandiri

Jaman sekarang bikin paspor sendiri udah ga ribet kayak dulu lagi, kita cuma perlu spare waktu aja. Prosedurnya udah ga berbelit-belit, lebih efisien dan jelas semua tata caranya. So no need lah buat pake jasa calo gitu….

Nah berhubung paspor gw per tanggal 26 April ini habis masa berlakunya, jumpalitan lah gw dan mulai grasak-grusuk untuk ngurus perpanjangan paspor. Hal pertama yang gw lakuin adalah browsing2 dulu, cari info terbaru, dan ternyata gw nemu info terbaru kalau sekarang bisa daftar paspor via online. Kalo kita daftar via online, prosedurnya lebih singkat, yang biasanya perlu dateng ke kantor imigrasi sampe 3x, dengan daftar online cukup tatap muka 2x saja karena semua data sudah langsung tersimpan ke dalam sistem. Bahkan untuk tatap muka yang kedua kali, bisa diwakilkan dengan surat kuasa, karena memang cuma untuk mengambil paspor yang sudah jadi saja.

Hari Kamis kemarin gw seharian ngurus paspor gw yang bentar lagi abis masa berlakunya itu. Kantor imigrasi yang terdekat dari rumah gw, ya so pasti kantor imigrasi Jaksel lah ya, wong cuma di TB Simatupang lokasinya. Sebelumnya gw udah minta ijin setengah hari aja ama bos dengan asumsi gw bisa langsung dapet giliran foto sebelum jam makan siang. Namun, apa daya, ternyata untuk giliran foto gw dapet nomer antrian 136, padahal pas gw dapet nomer antrian itu jam baru menunjukkan pukul 9.30 pagi, wekwekwek. Ya nasiblah, jadinya kemaren ngambil cuti dadakan.

Gw jabarin ya langkah2nya untuk mendaftar permohonan paspor baru/penggantian secara online …

Pertama…siapkan semua dokumen-dokumen yang dibutuhkan, scan dengan setting grayscale, ukuran tidak lebih dari 300kb. Dokumen-dokumen yang  dibutuhkan biasanya :

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Kartu Keluarga (KK)
  • Akte Lahir/Akte Nikah/Ijazah
  • Surat Keterangan Bekerja dari instansi/perusahaan, (bagi pegawai negeri maupun swasta, TNI, POLRI, dsb)
  • Paspor Lama, jika penggantian paspor

Kemudian …

  1. Buka website imigrasi, www.imigrasi.go.id. Pilih “layanan permohonan paspor online” di kiri atas
  2. Pilih “pra permohonan personal” di menu utama
  3. Isi formulir selengkap-lengkapnya, untuk pertanyaan “Kanim” diisi dengan kantor imigrasi yang hendak kita kunjungi untuk mengurus penggantian paspor ini
  4. Kemudian, attach semua dokumen persyaratannya
  5. Setelah selesai, print surat pra permohonan yang muncul
  6. 2-3 hari setelah pengisian online, datang ke kantor imigrasi yang telah ditentukan dengan membawa berkas-berkas asli berikut fotokopiannya. Dianjurkan datang pagi supaya tidak terlalu lama mengantri.
  7. Begitu sampe kantor imigrasi, segera ambil nomor antrian
  8. Beli  map formulir seharga 5.000 rupiah di tempat koperasi kantornya (tanya aja ama orang disana)
  9. Pas nomor antrian dipanggil, semua berkas diserahkan ke petugas. Jangan lupa bilang kalau kita udah apply secara online dan serahkan juga surat pra-permohonan yang sudah dicetak. Biasanya suka ditanya juga ama petugasnya motivasi atau tujuan penggantian/pembuatan paspor untuk apa, dsb
  10. Nanti akan disuruh ke loket yang lain untuk ambil slip pembayaran paspor
  11. Lakukan pembayaran paspor di kasir (ntar dikasih tanda bukti pembayaran)
  12. Serahkan tanda bukti pembayaran ke ruang foto & sidik jari dan wawancara.
  13. Dapet nomor antrian lagi untuk sesi foto & sidik jari dan wawancara. Pas gilirannya, dandan ya (minimal bedakan), biar fotonya cling, hehehehe. Bukti pembayarannya akan dibalikin lagi ke kita untuk pengambilan paspor yang sudah jadi nantinya. Beres dehhh…..nanti disuruh balik lagi sekitar 2-3 hari kerja untuk pengambilan paspor yang sudah jadi.

Oh ya, untuk mengecek status permohonan aplikasi paspor bisa dilakukan via:
1. Website imigrasi, www.imigrasi.go.id (pilih “Status Permohonan personal”)
2. SMS (ketik PASPOR *NO PERMOHONAN*) kirim ke 0811-8113456,contoh : PASPOR 1042000000001234

Biaya resmi yang dibutuhkan untuk pembuatan paspor itu Rp 255.000,- dengan rincian 200rb untuk pembuatan paspor 48 halaman dan 55rb untuk pembuatan foto biometric. Sejak Januari 2011, biaya 15rb untuk sidik jari sudah dihapuskan.

Nah terlihat mudah kan….ayo mari kita mandiri menuju Indonesia  yang lebih baik !!!

One thought on “Bikin Paspor Mandiri

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s