Panggilan Pembuatan e-KTP

Dua minggu lalu, gw dan hubby dapet surat panggilan dari kelurahan untuk melakukan proses pembuatan e-KTP. Kita disuruh dateng ke kantor Kelurahan Lebak Bulus hari Minggu tanggal 9 Oktober jam 11.30. Persyaratannya cukup membawa surat panggilan dari kelurahan itu aja.

Pas hari H-nya, gw ama Dongga dateng dong ke kantor Kelurahan tepat waktu sebagaimana diminta, jam 11.30 teng. Tapi sesampainya disana….eng ing eng….kita dibuat kuciwa sodara2, hohohohoho. Kurang lebih beginilah percakapan antara Dongga dan petugas kelurahannya :

 

D:  Pak, saya dateng memenuhi undangan E-KTP nih. Ini surat undangannya.

P:  Wah maaf sekali Pak, tapi kuota hari ini sudah penuh pak.

D:  Maksudnya??? *mengernyitkan dahi*

P: Begini Pak, sehari kita batasin kuotanya 400 orang Pak. Hari ini udah sampe batas 400, jadi silakan saja Bapak dateng besok2 lagi. Program e-KTP ini masih sampe Desember kok Pak.

D: Heh??? Tapi kan berdasarkan surat ini saya diharuskan dateng jam 11.30, kok bisa udah penuh sih?

P:  Iya Pak, akumulasi dari yang kemaren2 Pak.

D: *hela nafas* Ya udah deh…tapi besok2 saya bisa dateng kapan saja kan?

P: Iya Pak, kapan saja, asal bawa surat panggilannya saja. Sebaiknya dateng pagi ya pak.

 

Yak begitulah para pembaca yang budiman…..tampaknya dalam pengaturan jadwal, kelurahan lebak bulus masih agak kacau. Meski di surat undangan tertera jam berapa kita diminta dateng, namun sistim yang berlaku sebenernya di lokasi adalah first come first serve. Eeeee capeeee deeeehh…untung jarak rumah ama kantor kelurahan cuma selemparan kolor, jadi gw masih bisa menahan cembetut. Akhirnya gw ama Dongga sepakat untuk dateng lagi aja Minggu depan, mencoba peruntungan kita.

Nah … hari Minggu kemaren (16 Okt), kita dateng lagi tuh ke kelurahan. Ga tanggung2, kita nyampe jam 7 pagi di kelurahan karena berdasarkan info ngantrinya dimulai jam 7.30. Begitu dateng…kita langsung nyamperin loketnya dan menumpuk surat panggilan kelurahan sebagai tanda antrian kita. Jam 7 pagi itu udah lumayan banyak orang loh disana, ga tau deh mereka pada dateng jam berapa, subuh lagi jangan2, hehehehe. Berhubung belum sarapan, kita berkelana mencari sarapan dulu, untung ada tukang bubur ayam lagi mangkal disana J Enihuuu…tepat jam 7.30, loket dibuka dan petugas kelurahan mulai membagikan nomor antrian sesuai urutan tumpukan surat panggilan tadi. Gw ama Dongga dapet giliran sekitar no.20an, meski nomor antrian yang kita dapet no.42 dan 45 (katanya nomor antriannya udah pada hilang, doeeeeennggg, ada ya yang mau nyolong nomor antrian ;p). Alhamdulillah kita ga perlu nunggu lama, jam 8.30 nama kita udah dipanggil. Langsung deh dimulai proses foto digital, tanda tangan digital, scan sidik jari, dan scan iris mata kita. Prosesnya sendiri ga memakan waktu lama, paling cuma 2 menit per orang. Kalau udah kelar semua, kita tinggal tunggu surat panggilan berikutnya untuk ngambil e-KTP yang sudah jadi dan menukarnya dengan KTP yang lama.

Seselesainya dari kantor kelurahan, gw ama Dongga ngerasa excited aja. Akhirnya Indonesia pelan-pelan namun pasti mulai membenahi diri menuju ke arah yang lebih baik. Dengan jumlah penduduk yang tiap tahun selalu bertambah, database kependudukannya harus dibenahi. Jangan sampe ada lagi yang punya lebih dari 1 KTP (no offense ya bagi yang punya KTP dua atau lebih). Nah database kependudukan yang paling mendasar kan dimulai dari kelurahan. Mudah-mudahan ke depannya bisa terintegrasi langsung dengan database imigrasi, wajib pajak, POLRI, dll. Walaupun memang perlu diakui masih ada kekurangannya (ya seperti sistim penjadwalan itu), tapi itu minor lah, fixable. Prinsipnya…kalau itu semua dilakukan untuk menjadikan Indonesia yang lebih baik, ya kita dukung !! So bagi yang sudah dapet surat panggilan dari kelurahan, segera penuhi panggilannya ya…. demi Indonesia yang lebih baik, cemungguuuudddhhh !!!!

Bagi yang mau tau info lebih banyak mengenai e-KTP, silakan mampir ke websitenya ya http://www.e-ktp.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s