Survey Taker

Gw mau share sedikit pengalaman gw disini tentang kerjaan sampingan sebagai survey taker.. Gw mulai aktif bergabung sebagai salah satu survey taker sejak setahun yang lalu. Awalnya sih gw cuma mau membuktikan bahwa beneran ga sih kita dapet kompensasi  sebagaimana yang dijanjikan. Ya tau sendiri kan, biasanya penawaran di internet itu kadang too good to be true. Banyak macam jenis kerjaan sampingan via internet, seperti click to pay, survey taker, review and get paid, dst. Gw saat itu milih jadi survey taker karena rasanya seru aja di kala our opinions are heard.

Banyak website2 yang menawarkan keanggotaan sebagai survey taker. Beberapa website pusat survei dimana gw jadi anggotanya adalah sbb:

  1. globaltestmarket
  2. aipsurvey
  3. surveyhead
  4. mommytalksurvey

Untuk bergabung jadi anggota itu gratis…kita cukup join, trus isi profile kita dan di-update secara reguler. Lalu kita tinggal duduk manis, nunggu mereka kirim ajakan survei via email kita. Pusat survei itu akan memproses secara otomatis survei2 apa yang sesuai dengan profile kita, lalu  mengirimnya ke email. Setelah kita mengisi survei, kita akan diberi kompensasi berupa nilai poin. Tugas kita adalah mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya yang jika sudah mencapai jumlah tertentu dapat ditukarkan dengan hadiah/uang.

So far gw selalu jawab survei secara jujur sesuai dengan keadaan gw, as it is. Risikonya terkadang kita jadi dinilai “not qualified to take the survey” karena ga memenuhi kriteria responden yang mereka cari. Dampaknya nilai poin yang kita dapat jadi kecil. Tapi gw cuek aja…karena klo gw merekayasa jawaban gw semata2 untuk dapet nilai poin gede, useless aja, ga sesuai dengan tujuan gw di awal dimana gw ingin opini jujur gw didengar. Dari forum2 di web, gw sering baca banyak yang merekayasa jawabannya agar dapat memenuhi kriteria responden yang mereka cari dan menyelesaikan survei-nya. Poinnya sih emang lebih cepat terkumpul dan bisa lebih cepet me-redeem rewards-nya. But…for me….no credibility and integrity.

Anyway…mari kita ngomongin tentang rewardsnya….tiap pusat2 survei menawarkan rewards yang bervariasi. Pusat survei AIP menawarkan rewards berupa voucher  yang bisa kita pilih sendiri…ada voucher carrefour, pizza hut, MAP, dll. Selama ini gw selalu milih voucher carrefour, lumayan buat pengurang biaya belanja bulanan, hahahaha…emak2 banget yak gw. Kalo globaltestmarket, mommytalksurvey, surveyhead…reward yang ditawarkan berupa sejumlah cash yang diakumulasi dan nantinya akan diberi ke kita dalam bentuk cek atau dikreditkan ke account paypal kita. Not bad…so far gw udah dua kali nge-redeem cash gw dan langsung masuk ke account paypal. yang tentunya gw belanjain lagi😀

Gw ga nge-klaim kalau jadi survey taker ini bisa menggantikan penghasilan gw jadi kerja kantoran, karena tetep aja jumlahnya belum sebanyak gaji klo jadi pegawai kantoran kok. So ya ini gw kategoriin jadi iseng-iseng berhadiah aja. SERU !!!

2 thoughts on “Survey Taker

    • serius Ris, ga mungkinlah gw posting kalo hoax. Daftar aja biasa kok kayak daftar email gitu, trus isi profil2nya biar mereka bisa screening kita tipe responden seperti apa. Punya paypal ga harus kok…tergantung survey providernya aja.

Leave a Reply

